-->

5 Langkah Sederhana Untuk Menyusun Strategi Pemasaran Yang Berhasil

5 Langkah sederhana untuk menyusun strategi pemasaran

5 langkah mudah untuk menyusun strategi pemasaran
Menyusun srategi pemasaran
Cara menyusun strategi pemasaran yang berhasil - Rencana bisnis memang penting untuk pelaku usaha, akan tetapi banyak pengusaha yang tidak menyadari bahwa rencana pemasaran sama pentingnya. Berbeda dengan rencana bisnis, rencana pemasaran berfokus pada memenangkan dan mempertahankan pelanggan. Ini strategis dan mencakup angka, fakta, dan tujuan. 

Rencana pemasaran yang baik menjelaskan semua alat dan taktik yang akan Anda gunakan untuk mencapai sasaran penjualan Anda. Ini adalah rencana tindakan Anda, apa yang akan Anda jual, siapa yang ingin membelinya, dan taktik yang akan Anda gunakan untuk menghasilkan prospek yang menghasilkan penjualan. Kecuali Anda menggunakan rencana pemasaran untuk membantu Anda mendapatkan pendanaan, itu tidak harus ditulis panjang atau indah.


Berikut langkah untuk membuat rencana pemasaran yang berhasil:


1. Di mulai dengan Analisis situasi perusahaan Anda

Bagian pertama ini mendefinisikan perusahaan dan produk atau layanannya, lalu menunjukkan bagaimana manfaat yang Anda berikan membedakan Anda dari kompetitor.

Target audiens sudah menjadi sangat penting. Tidak peduli industri Anda, memposisikan produk atau layanan secara kompetitif membutuhkan pemahaman tentang pasar. Anda tidak hanya harus dapat menggambarkan apa yang dipasarkan, tetapi  juga harus memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ditawarkan pesaing Anda dan dapat menunjukkan bagaimana produk atau layanan yang memberikan nilai yang lebih baik.

Memposisikan produk melibatkan dua langkah. Pertama, Anda perlu menganalisis fitur produk dan memutuskan bagaimana mereka membedakan produk Anda dari para pesaingnya. Kedua, putuskan jenis pembeli apa yang paling mungkin membeli produk Anda. Apa yang Anda jual? Kenyamanan? Kualitas? Harga diskon? Anda tidak dapat menawarkan semuanya. Mengetahui apa yang diinginkan pelanggan membantu Anda memutuskan apa yang akan ditawarkan, dan itu membawa Anda ke bagian selanjutnya dari rencana Anda.

2. Jelaskan target audiens 

Mengembangkan profil sederhana dari calon pelanggan adalah langkah Anda berikutnya. Anda dapat menggambarkan prospek dalam hal demografi usia, jenis kelamin, komposisi keluarga, pendapatan, lokasi geografis, serta gaya hidup. Tanyakan pada diri Anda hal-hal berikut, Apakah pelangga n saya konservatif atau inovatif? Pemimpin atau pengikut? Penakut atau agresif? Tradisional atau modern? Introvert atau ekstrovert? Seberapa sering mereka membeli apa yang saya tawarkan? Berapa kuantitasnya?

Jika Anda seorang pemasar bisnis ke bisnis, Anda dapat menentukan target audiens berdasarkan jenis bisnis mereka, jabatan, ukuran bisnis, lokasi geografis atau karakteristik lain yang memungkinkan mereka menjadi prospek.

3. Buat daftar sasaran pemasaran 

Apa yang ingin dicapai dari rencana pemasarani? Misalnya, apakah Anda mengharapkan peningkatan 20 persen dalam penjualan produk Anda per kuartal? Tulis daftar pendek sasaran  dan buat sasaran itu terukur sehingga Anda akan tahu kapan Anda mencapainya. 

4. Kembangkan strategi dan taktik komunikasi pemasaran yang akan di gunakan.

Bagian ini adalah jantung dan jiwa dari rencana pemasaran Anda. Di bagian sebelumnya, Anda menguraikan apa yang harus diselesaikan oleh pemasaran Anda dan mengidentifikasi prospek terbaik Anda, sekarang saatnya merincikan taktik yang akan Anda gunakan untuk menjangkau prospek ini dan mencapai sasaran Anda.

Program pemasaran yang baik menargetkan prospek di semua tahap siklus penjualan Anda. Beberapa taktik pemasaran, seperti bentuk periklanan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung, sangat bagus untuk mencapai prospek. Untuk menyelesaikan bagian taktik Anda, buat garis besar strategi pemasaran utama Anda, kemudian sertakan berbagai taktik yang akan Anda gunakan untuk menjangkau calon pelanggan di setiap titik dalam siklus penjualan Anda. Taktik pemasaran yang Anda pilih harus mencapai prospek Anda saat mereka akan menerima pesan Anda.

5. Tetapkan anggaran pemasaran 

Anda harus mencurahkan persentase dari penjualan kotor yang diproyeksikan ke anggaran pemasaran tahunan Anda. Tentu saja, ketika memulai bisnis, ini mungkin berarti menggunakan pendanaan, pinjaman, atau pembiayaan sendiri yang baru diperoleh. Pemasaran sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda.

Saat Anda mulai mengumpulkan biaya untuk taktik pemasaran yang Anda uraikan pada langkah sebelumnya, Anda mungkin menemukan bahwa Anda telah melampaui anggaran Anda. Cukup kembali dan sesuaikan taktik Anda. Kuncinya adalah jangan pernah berhenti pemasaran, jangan khawatir dengan taktik yang lebih mahal sampai Anda mampu membelinya.

Semoga ulasan sederhana ini dapat bermanfaat!

0 Response to "5 Langkah Sederhana Untuk Menyusun Strategi Pemasaran Yang Berhasil"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel