Modul Bisnis 2- Strategi Promosi Untuk UKM
Strategi Promosi Untuk UKM
Promosi adalah usaha untuk menginformasikan dan mempengaruhi target konsumen agar tertarik untuk membeli barang atau jasa yang kita tawarkan. Bisa juga diartikan sebagai cara berkomunikasi dengan calon konsumen melalui berbagai media agar konsumen membeli produk kita.Penting :Promosi sangat penting untuk bisnis karena
tanpa promosi, penjualan tidak akan maksimal, atau
bahkan tidak ada penjualan sama sekali.
6 Hal Mengapa Promosi
1. Customer Loyalty, promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen supaya tidak beralih ke pesaing.
2. Media Komunikasi, promosi bisa berperan untuk menyampaikan suatu pesan ke target penerima pesan, dalam hal ini adalah target konsumen kita. Kita juga bisa mengkomunikasi strategi jualan yg sedang atau akan dilakukan. Selain itu juga bisa menjadi sarana edukasi konsumen tentang detail manfaat produk kita.
3. Persaingan, promosi berfungsikan untuk menjadi tameng terhadap strategi agresif pesaing.
4. Meningkatkan Pembelian, promosi mempunyai manfaat untuk meningkatkan trialist (pembeli coba-coba) dan repeat buying (pembelian berulang). Selain itu juga meningkatkan keinginan konsumen untuk melakukan pembelian.
5. Membangun Merek, promosi mempunyai manfaat membangun "Brand Awareness" (konsumen menjadi tahu akan merek kita), Meningkatkan brand Airing di benak konsumen, Membangun persepsi merek (sesuaikan media, endorser dan pesannya) dan Membangun positioning suatu produk (brand positioning).
6.Meningkatkan Penjualan, promosi bertujuan meningkatkan penjualan secara terus menerus.
4 Langkah Dalam Promosi
➠Tahap Pertama : Menentukan Target Pasar
Sama halnya dengan membuat perencanaan pemasaran seperti di modul yang pertama, dalam membuat strategi promosi juga diperlukan analisa target pasar untuk ditentukan mana strategi promosi yang cocok dengan target pasar yang dituju.
Sedikit preview dari materi modul yang pertama :
BERBAGAI SEGMENTASI :
Gender :Pria/wanita
Usia :Anak, Remaja, Dewasa, Usia Lanjut (penentuan umur bisa disesuaikan)
Lokasi :Kota, Daerah dll
Status :Pekerja karyawan, pengusaha, anak sekolah, ibu rumah tangga dll.
Prilaku :Kaum metropolitan, kaum tradisional, anak gaul dll
Kelas Sosial :Kelas ekonomi bawah, menengah, atas.
CATATAN: Pada dasarnya ketika segmennya berbeda maka gaya promosinya juga berbeda. Misalnya jika segmen menengah keatas maka promosinya harus terkesan premium. Jikalau menengah kebawah promosinya bisa menggunakan diskon atau brosur yang didalamnya ada vouchernya.
➠Tahap Kedua : Misi Promosi
Pada tahap ini kita perlu menentukan misi (tujuan) yang jelas dari strategi promosi yang akan kita lakukan.
Berikut ini beberapa misi promosi
- Meraih awareness
Membuat merek kita diketahui orang
- Membangun merek
Agar merek kita menjadi merek yang dipersepsikan positif oleh konsumen
- Meningkatkan penjualan
Promosi yang bertujuan untuk meningkatkan omzet
- Menjaga loyalitas konsumen
Secara langsung promosi yang bertujuan agar konsumen menjadi pelanggan yang setia
CATATAN: Setiap misi berbeda cara penyampaian dan penggunaan medianya.
➠Tahap Ketiga : Meracik Pesan
- Sekarang komunikasi sudah berlangsung dua arah. Jadi UKM harus bisa meramu pesan yang bisa membangun komunikasi dua arah dengan konsumen. Misalnya saja penggunaan promosi melalui website, blog serta social media. Promosi melalui ini merupakan promosi yang tidak hanya satu arah melainkan dua arah karena akan timbul komunikasi dengan follower/fans.
- Sebelum membuat message / pesan untuk memperkuat promosi, UKM harus memperhatikan siapa
audiensnya (target penerima pesan). Lihat kultur budaya, psikologis, perilaku umum, dan lain-lain.
- Pakai bahasa yang sesuai dengan target pasar untuk memperkuat pesan promosi.
- Jangan samakan pakai bahasa yang sesuai dengan target pasar untuk memperkuat pesan promosi.
- Jangan samakan semua konsumen. Karena walaupun dalam segmentasi yang sama tapi tetap ada
perbedaan pada setiap konsumen.
➠Tahap Keempat : Memilih Media
4 TIPS MEMILIH MEDIA PROMOSI :
Pilihlah channel media yang tepat sesuai dengan target konsumen kita.
- Media digital memang memperkaya channel promosi tapi jangan menggunakan media digital
karena hanya ikut-ikutan tanpa target dan strategi yang jelas.
- Fokuslah pada target market yang dituju, pelajari perilaku mereka, lalu pilihlah media yang sesuai.
- Ada dua pilihan media yang ada yaitu, media offline dan online.
- Jika kita memiliki sumber daya maka kita bisa mengkolaborasikan media offline dan media online
Media Promosi Offline :
➤Iklan
UKM bisa menggunakan iklan menggunakan media TV, majalah, radio, dan Koran. Tentunya ada konsekuensi harga iklan yang mahal namun demikian jangkauan dari media ini pastinya akan sangat luas. Tidak semua UKM bisa menggunakannya, biasanya yang mempunyai budget besarla yang bisa menggunakan ini.
4 Media yang bisa digunakan untuk Iklan :
1. Iklan di media TV
Jangkauan luas
Harga Mahal
2. Iklan di media Majalah
Target Pembaca spesifik
Butuh perencanaan yang panjang
3. Iklan di radio
Biasa menggunakan rangsangan suara
Iklan merupakan gangguan dalam hiburan.
4. Iklan di media surat kabar
Jangkauan yang luas dengan konten fleksibel
Media yang cepat dibuang
➤Sponsorship
Biasanya suatu acara akan mencari sponsorship
untuk mendukung acaranya. Kita bisa
melakukan promosi dengan cara menjadi
sponsorship.
Bentuk Sponsorship dana ataupun produk.
Kontrapretasinya biasa berupa adlips,banner,
booth, pemasangan logo sampai produk review.
➤Salesperson
Salesperson ini merupakan perpanjangan dari
produsen. Kita bisa berpromosi lewat media ini
untuk meningkatkan penjualan.
Jenis-jenis Salesperson: Reseller, agen dan
sales.
➤Salespromo
Promosi dengan beli satu dapat dua dan
potongan harga adalah bentuk dari salespromo
yang sering dilakukan pelaku usaha.
Cara ini efektif untuk cepat meningkatkan
penjualan.
Catatan : Jangan terlalu sering karena bisa jadi
membuat merek kita turun. Nanti konsumen
akan berpikir kalau produk kita sebenarnya
murah tapi dijual mahal.
➤Peliputan
Pernah ke Pecel lele lela? Pasti pernah liat foto-foto liputan media. Hal ini juga bisa dilihat di ayam bakar mas mono dan roti bakar Edy. Peliputan bisa dikatakan cara gratis promosi. Ketika usaha kita diliput media massa seperti acara TV atau liputan dari koran saat itu juga kita sedang melakukan promosi. Biasanya kita akan membedah keunggulan dari produk hingga visi usaha kita. Cara ini bisa datang ketika kita sudah punya sesuatu yang unik yang pantas untuk di angkat oleh media massa.
Catatan: jangan sampai memperlihatkan celah yang belum kita optimalkan dari bisnis, fokuskan pada promosi keunggulan produk. biasakan juga meminta hasil dari liputan.
➤Direct selling
- MLM adalah salah satu dari direct selling. Tapi sedikit UKM yang melakukan cara tersebut.
- Cara lainnya adalah door-to-door. Hal ini biasa dilakukan oleh UKM susu murni dan juga yakult.
- Cara lainnya adalah dengan mendekati orang per orang untuk mempromosikan produk kita.
➤Direct Marketing
Contoh cara promosi dengan direct marketing adalah dengan sms blast (SMS ke banyak nomor). Kita mengirimkan pesan singkat lewat sms untuk promosikan produk kita. Bisa juga dengan menggunakan surat langsung ke target konsumen lewat pos. Cara ini bisa menjadi lebih personal untuk promo yang anda lakukan.
➤Event promo
Event Promo adalah salah satu strategi promosi yang sering digunakan untuk mengenalkan produk. Event promo selain untuk mengenalkan produk juga merupakan ajang untuk meningkatkan penjualan dengan menjaring calon konsumen. Event promo bisa dengan ikut pameran yang diadakan pihak lain, maupun membuat sendiri. Walaupun memang akan perlu biaya besar bila ingin buat sendiri.
TIPS Promosi Melalui Pameran
- Carilah informasi mengenai siapa, kapan dan dimana penyelenggara pameran tersebut. Biasanya pameran yang diselenggarakan organisasi besar, memiliki sumber daya dan strategi pemasaran yang lebih baik.
- Cek terlebih dahulu mengenai jumlah pengunjung pameran. Ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung pameran terakhir yang diadakan organisasi tersebut. Hindari pameran yang jumlah kunjungannya cenderung sedikit.
- Selain itu sebagai bahan pertimbangan, Anda juga bisa melihat testimoni dari para peserta pameran sebelumnya.
- Berapa banyak stand yang ditawarkan dan berapa biaya yang ditawarkan. Sebelum Anda mengambil keputusan untuk mengikuti pameran, mintalah kepastian dari panitia mengenai jumlah stand yang diperbolehkan ikut pameran.
- Tanyakan sarana pendukung pameran, jangan mengiyakan sebuah pameran jika Anda belum mengetahui tentang sarana promosi yang diberikan selama pameran berlangsung.
- Perhitungkan juga antara biaya yang Anda keluarkan untuk mengikuti pameran dengan sarana yang diberikan panitia. Bila dirasa tidak seimbang, lebih baik jangan mengambil tersebut.
Promosi via Media Online
➤Iklan Menggunakan Google Ads
-Google Ads adalah produk google yang mengatur tentang periklanan di google dan jaringannya yang dibuat oleh Google.
-Saat ini sistem beriklan yang ditawarkan adalah CPC (Cost Per Click) dan CPM (Cost Per Mile).
-CPC maksudnya Anda akan membayar sesuai dengan jumlah klik yang dilakukan oleh audiens.
-CPM adalah Anda akan membayar iklan sebanyak kelipatan 1000 kali tampilan yang muncul di jaringan Google.
3 Keuntungan Menggunakan Google Ads
I. Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka menelusuri apa yang Anda tawarkan Iklan Anda ditampilkan kepada orang-orang yang telah menelusuri jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan. Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan - pada situs web tertentu dan area geografis (negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW).
II. Bisa mengontrol anggaran Anda dengan mudah
Anda bisa memilih biaya per klik, dikenakan biaya saat seseorang mengeklik iklan Anda. Anda memutuskan jumlah budget biaya iklan. Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.
III. Ada laporan kinerja iklan
Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan penetrasi iklan Anda, serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda.
➤Website perusahaan (bisnis)
Website sekarang menjadi media promosi paling murah, efektif dan efisien apabila kita dapat mengelolanya. Media promosi menggunakan web tetap memiliki keunggulan yang lebih banyak, baik dari sudut pandang pendisitribusi informasi, kecepatan penyampaian informasi, harga atau cost yang lebih terjangkau.
Promosi via Media Online
Manfaat UKM menggunakan Bisnis :
Memperluas jangkauan promosi.
Media tanpa batas, internet adalah media informasi yang tanpa batas.
Website bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat (unlimited user access).
Promosi terluas, internet adalah media promosi terluas jika dilihat dari kacamata jangkauan atau cakupan area (unlimited scope of areas).
Media pengenalan bisnis yang efektif. Website media promosi yang menawarkan biaya yang relatif efisien dikaitkan dengan jangkauan area dengan optimalisasi manfaat terbesar
➤Blog Pribadi
UKM juga bisa melakukan promosi melalui blog pribadi. Bisa dengan review produk hingga memasang banner di blog pribadi. Sekarang sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan situs blog untuk promosi produknya. Penggunaan blog untuk promosi tidak berbeda banyak website, hanya blog lebih personal.
6 Tips Blog :
- Aktiflah di dalam Komunitas bloger
- Tulis hal yang Anda sukai
- Tulislah konten yang bagus
- Tulislah sesuatu yang baru
- Berfokuslah menulis konten yang tetap segar
- Berinteraksilah dengan pembaca blog Anda
- Lakukanlah dengan konsisten
TIPS Memaksimalkan SEO
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Dengan berada di posisi teratas pada hasil pencarian diharapkan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Search Engine Optimization (SEO) dapat mengeneralisasikan ribuan penjualan yang mengarah pada bisnis Anda tanpa mengeluarkan biaya. Jika dimanfaatkan dengan baik.
6 Tips SEO Untuk UKM :
1. Meriset Kata Kunci
Riset kata kunci yang baik adalah basis untuk semua usaha meningkatkan SEO dan juga akan menyediakan fondasi untuk memperluas situs Anda nantinya.
2. Optimalkan konten Anda
Mesin pencari mungkin tidak bisa membedakan tulisan yang baik dan buruk, tapi pembaca Anda bisa melakukannya. Membuat konten yang sudah diriset dan berkualitas tinggi adala rahasia untuk membuat User tetap kembali ke situs Anda.
3.Memilih nama domain yang tepat
Pastikan nama domain Anda harus pendek, mudah diingat, dan kata kunci Anda termasuk di dalamnya.
4. Gunakan desain yang sederhana dan SEO friendly
Menjaga agar desain situs Anda tetap sederhana, terstruktur, dan mudah dijelajahi adalah hal yang terbaik. Gunakan juga platform yang SEO friendly agar mendukung strategi SEO.
5. Maksimalkan Social Media
Sekarang Social media sudah menjadi bagian penting dari SEO. Algoritma yang digunakan Google sekarang lebih memperhitungkan social media.
6. Evaluasi Peringkat (Ranking) Anda
Terakhir, evaluasilah strategi SEO Anda dengan mengukur search engine results pages (SERPs) Anda. Mengukur peringkat, hasil traffic, dan konversi leads. Memang akan melelahkan, tapi evaluasi sangat dibutuhkan pada setiap strategi.
➤Forum atau situs Jual beli
Sekarang banyak yang menggunakan forum atau situs jual beli untuk jualan dan promosi. Biasanya digunakan oleh UKM atau personal yang masih belum punya website bisnis. Tapi ada juga yang sudah mempunyai website bisnis tetap menggunakan forum atau situs jual beli untuk memperluas jangkauan pasarnya dan mencipatakan traffic ke website bisnis.
Perilaku pembelian online dimanfaatkan sejumlah pemain yang ingin mendapatkan market share sebagai penyedia toko online dari yang gratis sampai berbayar. Sayangnya, masih banyak yang belum mampu mengoptimasi fasilitas forum atau situs jual beli. Meskipun relatif mudah, faktanya masih banyak penjual yang melakukan kesalahan-kesalahan dalam berjualan online melalui forum atau situs jual beli.
Tips berjualan di forum atau situs jual beli
1. Buat Foto produk yang jelas dan menarik
2. Detail dalam menjelaskan deskripsi produk
3. Pastikan barang yang diterima pembeli sesuai dengan foto produk
4. Secara berkala memperbarui ketersediaan barang
5. Cepat menanggapi pertanyaan pembeli
➤Social media
Social media sekarang makin menjamur di Indonesia. Di manapun dan kapanpun, setiap orang bisa mengakses media sosial. Inilah alasan mengapa banyak wirausahawan memilih dunia online sebagai tempat berjualan. Media sosial dirasa sebagai tempat promosi yang efektif karena dapat menjangkau semua orang. UKM disarankan untuk menggunakan social media untuk promosi tapi harus mengetahui cara yang tepat dan tidak melakukan kesalahan yang sering terjadi pada social media strategi.
4 Kelebihan social media
1. Jangkauan (demografi) tanpa batas
Follower/Fans akun social media kita tidak dibatasi oleh lokasi atau kota, tidak hanya berasal dari dalam negeri, melainkan juga bisa berasal dari luar negeri.
2. Tidak dibatasi waktu.
Komunikasi di social media tidak dibatasi oleh waktu, berbeda dengan toko offline atau menyewa toko yang mungkin hanya efektif 12 jam sehari, social media bisa 24 jam tetap buka.
3. Relatif terjangkau
Dengan menggunakan social media tentunya akan lebih murah dibandingkan
menggunakan media konvensional lainnya.
4. Kita bisa mengatur sendiri
Pada social media, kitalah yang memiliki media tersebut. Kita bebas mengatur social media, berbeda dengan media konvensional.
9 TIPS Social Media Strategi
1. Buat rencana & tujuan akun social media.
2. Buatlah benchmarking (bahasa mudahnya ATM /amati tiru modifkasi akun social media yang sudah sukses).
3. Buat target follower & fans yang ingin Anda capai.
4. Konsistenlah berbagi konten yang bermanfaat misalnya quote, tips dan kultwit (kuliah twitter).
5. Jangan terlalu banyak jualan.
6. Lakukan komunikasi dua arah.
7. Tentukan orang khusus yang mengurus social media kita untuk tetap aktif.
8. Tentukan waktu kapan akan berbagi kapan akan promosi.
9. Social Media akan efektif jika kita konsisten
⟵ Kembali ke modul bisnis 1 Perencanaan Pemasaran Untuk Bisnis
Lanjut modul bisnis 3 ⟶ Cara Membangun Merek
0 Response to "Modul Bisnis 2- Strategi Promosi Untuk UKM"
Post a Comment