-->

10 Daftar Orang Terkaya Di Indonesia

SIAPA SAJA 10 ORANG TERKAYA DI INDONESIA TAHUN 2018?

daftar 10 Orang terkaya di Indonesia
Ilustrated Rich Men

Menjadi orang kaya tentu menjadi impian banyak orang termasuk saya hehe...namun kekayaan sejati bukanlah di ukur dari berapa banyaknya uang/harta yang kita miliki, melainkan seberapa besar manfaat kita untuk orang lain dan kemulian hati (Muhammad SAW). Tapi pada kesempatan ini kita akan merilis 10 daftar orang terkaya di Indonesia (uang/harta) yang di ambil dari berbagai sumber dan lembaga-lembaga yang sering merilis daftar orang-orang terkaya, salah satunya majalah Forbes yang memang setiap tahun merilis siapa saja deretan orang-orang terkaya di dunia, termasuk Indonesia. Baiklah siapa saja orang-orang terkaya tersebut...mari kita simak daftarnya.

1. Robert Budi Hartono


Robert Budi Hartono

Peringkat pertama diduduki oleh Robert Budi Hartono Pria yang bernama asli Oei Hwie Tjhong ini merupakan putra dari pendiri PT. Djarum, Ia mengelola perusahaan tersebut bersama kakak laki-lakinya hingga sebesar sekarang ini. Dengan total kekayaan US$ 9 miliar yang setara dengan Rp 128,6 triliun. Selain PT. Djarum, Robert  Budi Hartono yang kini berusia 77 tahun ini juga mengelola bisnis di bidang perbankan yaitu sebagai pemegang saham terbesar Bank BCA. Ia juga mengelola bisnis di bidang agrobisnis berupa perkebunan kelapa sawit, elektronik yang berada di bawah brand Polytron, dan bidang properti.


2. Michael Hartono


Michael Hartono

Di Posisi kedua dari 10 daftar orang terkaya Indonesia diduduki oleh Michael Hartono atau Oei Hwie Siang, yang tidak lain dan tidak bukan merupakan kakak dari Robert Budi Hartono. Total kekayaan Michael Hartono yang kini berusia 78 tahun ini ditaksir mencapai US$ 8,9 miliar atau setara dengan  Rp 127,14 triliun. Sama seperti adiknya, Michael Hartono juga memiliki lini bisnis lain yaitu dalam bidang perbankan, agrobisnis, dan properti.

3. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia

Di posisi ke tiga Setelah kakak beradik Hartono, diduduki oleh Sri Prakash Lohia dengan total kekayaan US$ 5,4 miliar atau setara dengan Rp 77,15 triliun. Pria 65 tahun asal India ini merupakan pendiri sekaligus CEO dari Indorama Corporation, perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia dan tekstil. Sri Prakash Lohia pertama kali mendirikan pabrik di tahun 1974 di Purwakarta dan mengembangkannya hingga memiliki berbagai cabang sampai tingkat mancanegara dengan karyawan lebih dari 19 ribu orang.

4. Chairul Tanjung


Chairul Tanjung

Nah kalau nama yang satu ini  mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, karena memiliki perusahaan bisnis raksasa CT. Corp yang membawahi berbagai bidang usaha antara lain,trans TV, TV7, Transmart dan sebagainya. Namun ternyata dibalik kesuksesannya saat ini, pria yang kini berusia 55 tahun tersebut pernah dijuluki “Si Anak Singkong” karena berasal dari keluarga yang kurang mampu. Kini kekayaan Chairul Tanjung ditaksir mencapai US$ 4,6 miliar atau sekitar Rp 65,7 triliun. Selain sebagai pebisnis, Chairul Tanjung juga pernah menjabat sebagai Menteri Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa di tahun 2014.

5. Tahir


Tahir

Di Peringkat kelima orang terkaya di Indonesia diduduki oleh Tahir, Ia pendiri Mayapada Group dengan total kekayaan ditaksir mencapai US$ 2,8 miliar atau setara dengan Rp 40 triliun. Sama seperti Chairul Tanjung, Tahir juga datang dari keluarga yang kurang mampu dimana ayahnya merupakan seorang tukang becak. Namun keterbatasan ekonomi itu justru membuat Tahir lebih terpacu untuk menjalankan usaha bisnisnya, yang dimulai dari bidang garmen hingga kini memiliki berbagai usaha di berbagai bidang. Tahir juga dikenal sebagai orang kaya yang dermawan karena sering memberikan donasi terutama di bidang kesehatan.

6. Murdaya Poo


Murdaya Poo

Peringkat selanjutnya diduduki oleh Murdaya Poo, beliau merupakan seorang pebisnis sekaligus politikus dan sempat menjabat menjadi anggota DPR periode 2004 – 2009. Murdaya Poo memulai bisnisnya dari usaha yang sangat kecil yaitu berjualan koran, dan terus melakukan ekspansi bisnis di berbagai bidang seperti kontraktor, kelistrikan, dan alat olahraga. Dilansir dari Majalah Forbes, kekayaan Murdaya Poo saat ini ditaksir mencapai US$ 2,1 miliar atau sekitar Rp 30 triliun.

7. Theodore Rachmat dan Mochtar Riady


Theodore Rachmat

Belum banyak yang mengenal Nama Theodore Permadi Rachmat yang lebih dikenal dengan sebutan TP Rachmat.Beliau menduduki peringkat ketujuh daftar 10 orang terkaya di Indonesia, dimana total kekayaannya ditaksir mencapai US$ 1,9 miliar atau sekitar Rp 27,14 triliun. TP Rachmat merintis karirnya di PT. Astra sejak perusahaan tersebut baru memiliki beberapa karyawan di tahun 1968. TP Rachmat kemudian diangkat menjadi CEO Astra Group di tahun 1984 dan menjadikan perusahaan tersebut menjadi sebesar sekarang ini.

Selain TP Rachmat, pada peringkat ketujuh ini juga terdapat pebisnis sukses dengan jumlah kekayaan yang sama yaitu Mochtar Riady. Mungkin Anda merasa agak asing dengan nama tersebut, tapi tentu nama Lippo Group sudah sangat familiar di telinga kita. Mochtar Riady merupakan pendiri sekaligus presiden komisaris dari Lippo Group, dengan berbagai fokus bidang usaha yang dijalankan mulai dari properti, retail, hingga telekomunikasi.

8. Prajogo Pangestu


PrajogoPangestu

Peringkat ke delapan di duduki pebisnis sukses yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memulai karirnya dari tingkat bawah, yaitu Prajogo Pangestu. Prajogo Pangestu sempat menjadi sopir angkot untuk mencari nafkah, hingga akhirnya bekerja dalam usaha kayu dan dapat mendirikan bisnisnya sendiri. Ia kemudian membangun Barito Group dan memiliki kekayaan yang ditaksir mencapai angka US$ 1,8 miliar atau sekitar Rp 25,8 triliun.

9. Peter Sondakh


Peter Sondakh

Peringkat kesembilan ada Nama Peter Sondakh, pendiri dan CEO dari PT. Rajawali Corporation yang merupakan holding company. Pria berusia 68 tahun ini memiliki total kekayaan yang ditaksir mencapai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 24,3 triliun. PT. Rajawali Corporation sendiri memiliki berbagai unit bisnis pada berbagai bidang, mulai dari properti, rokok, hotel, hingga media yaitu televisi RTV.

10. Ciputra


Ciputra

Dan di Peringkat kesepuluh dari daftar 10 orang terkaya di Indonesia diduduki oleh Ciputra, pendiri Ciputra Group yang memiliki fokus pada bidang properti. Bukan hanya itu, Ciputra juga mendirikan Jaya Group, Metropolitan Group, hingga berkecimpung di bidang pendidikan dengan membangun Universitas Ciputra. Kekayaan Ciputra kini dilansir mencapai angka US$ 1,6 miliar atau setara dengan Rp 22,9 triliun.

Itu tadi 10 daftar orang terkaya di Indonesia, Hal yang dapat diambil pelajaran dari mereka adalah kekuatan tekad dan sifat pantang menyerah sehingga menjadikan mereka berada di posisinya yang sekarang ini. Siapapun kita, apapun kondisi kita saat ini semua mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi seperti mereka. Ok mungkin di kemudian hari ada dari pembaca yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia aamiin...Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, terimakasih.

0 Response to "10 Daftar Orang Terkaya Di Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel