-->

STRATEGI PEMASARAN 4P

Strategi pemasaran 4p - Marketing Mix

strategi pemasaran 4p
strategi pemasaran 4p

Pada awalnya Marketing Mix terdiri dari 4P atau yang sering disebut dengan Traditional Marketing Mix. Nah 4P ini umumnya digunakan untuk produk yang berupa produk (Nah bingung kan ? Tenang akan saya jelaskan nanti dibawah). Sedangkan untuk 7P lebih penyesuaian untuk digunakan untuk produk yang berupa jasa.

Karena saat ini produk yang dijual di pasaran dapat berupa produk barang maupun produk jasa / pelayanan). Karena itu untuk produk yang berupa jasa Marketing Mix yang ada saat itu kurang dapat memenuhi sehingga lahirlah Extended Marketing Mix yang terdiri dari 7P.

Adapun 7P tersebut terdiri dari :

1. Product
2. Place
3. Price
4. Promotion
5. People
6. Process
7. Physical Evidence

Berikut penjelasan dari masing-masing element di atas:

1. Product (Produk)

Pada dasarnya yang dimaksud dengan produk adalah barang atau jasa yang dibutuhkan oleh calon konsumer karena dengan persaingan yang sangat kompetitif saat ini semua produk itu bagus.

Malahan dibeberapa negara maju seperti Amerika hak – hak konsumer dilindungi secara hukum. Sehingga para marketer untuk ke depannya perlu memikirkan bagaimana satu produk yang akan anda tawarkan bagaimana memenuhi kebutuhan – kebutuhan konsumer anda. Jika memang belum ada kebutuhan ciptakanlah kebutuhan tersebut.

2. Place (Tempat)

Yang dimaksud dengan tempat adalah dimana konsumer dapat membeli produk / jasa anda baik virtual melalui internet atau secara nyata dengan adanya tempat secara nyata (dapat berupa rumah, toko, perusahaan dsb).

Karena dengan perkembangan teknologi internet yang luar biasa sudah banyak sekali toko – toko online tanpa adanya tempat nyata yang menjual produk – produk mereka.

3. Price (Harga)

Harga merupakan sejumlah uang yang dibayarkan calon konsumer untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumer.

Dalam menentukan harga ada beberapa komponen yang perlu para marketer pikirkan antara lain : harga dasar / baku, harga kompetitor anda, market share dll.

4. Promotion (Promosi)

Promosi adalah bagaimana cara para marketer mengkomunikasikan produk atau jasa anda. Saat ini 3P diatas semakin lama semakin tidak berarti.

Jika tidak percaya makin banyak produk / jasa yang dibagikan secara GRATIS dimana harga menjadi kurang berarti, dengan adanya internet dimana saja anda dapat membeli barang / jasa tersebut menjadikan tempat kurang berarti dan saat ini sangat banyak sekali pengganti atau kompetisi akan produk / jasa sehingga produk juga semakin kurang berarti.

Akan tetapi tidak begitu dengan Promosi, saat ini promosi sangat – sangat penting (yach karena makin banyaknya kompetisi). Karena itu saya sangat mengfokuskan diri saya tentang P yang satu ini.

Adapun elemen – elemen dalam promosi ini melingkupi : iklan, publik relasi, pemasaran dari mulut ke mulut,penjualan langsung, penjualan, media dan budget.

5. People (Sumber Daya Manusia)

Sumber daya manusia adalah semua orang yang terkait dalam satu usaha. Jadi mulai dari konsumer sampai dengan puncak management.

Lho kok konsumer diikut sertakan … yach iyalah masak iya donk :) malahan konsumer menjadi salah satu sumber daya manusia yang paling menguntungkan lho … kok bisa ??

Yach bisa lah dengan menjaga konsumen kita sebaik – baiknya dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen kita, maka konsumen kita akan menjadi salah satu sales person untuk produk / jasa anda (pemasaran mulut ke mulut).

Akan tetapi hal itu perlu didukung dengan sistem penerimaan dan penempatan karyawan yang baik. Jadi karyawan memiliki sikap, interpersonal skill dan pengetahuan akan produk / jasa yang baik.

Note: Konsumer yang tidak puas akan menjadi teroris untuk perusahaan anda dimana mereka akan menyarankan kepada teman-temannya maupun rekan-rekannya untuk tidak menggunakan produk / jasa perusahaan anda … jadi waspadalah … waspadalah !!!

6. Process (Proses)

Proses adalah serangkaian prosedur / mekanisme / aktivitas dalam menghasilkan suatu produk / jasa dan pelayanan konsumer.

Hal ini dikenal umumnya dikenal dengan Customer Management Process atau Standard Operational Procedure sehingga mutu pelayanan perusahaan anda dapat dipertahankan.

Penting sekali untuk perusahaan memiliki S.O.P yang baik dan jelas, selain berguna untuk mempertahakan mutu pelayanan anda, S.O.P dapat digunakan untuk sistem kontrol bagi perusahaan anda. Percaya deh dengan memiliki sistem yang baik perusahaan anda dapat lebih mudah di monitor dan dikontrol.

Jika kagak percaya perusahaan – perusahaan frannchise sangat kuat dari sisi S.O.P -nya loh. Meskipun perusahaan anda tidak akan menjadi franchisor, sangat saya saran kan untuk belajar dari perusahaan – perusahaan frachisor.

7. Physical Evidence (Kesan Nyata)

Sedangkan yang dimaksud dengan Physical Evidence / kesan nyata adalah persepsi calon konsumer anda pada waktu mendatangi perusahaan/kantor anda, penampilan karyawan ataupun kartu nama perusahaan anda.

Apakah kesan yang dirasakan konsumen anda baik, buruk, rapi, professional dan sebagainya sangat tergantung bagaimana anda mengatur hal – hal ini mulai design interiol, exteriol, seragam karyawan anda, tampilan kartu nama perusahaan anda, nama perusahaan anda, logo perusahaan anda dan masih banyak lagi.

Ada yang menanyakan emang penting yach hal – hal diatas tersebut ? Kan ada yang bilang kalo beli buku jangan di nilai dari cover nya. Tapi coba apa yang terjadi di dunia nyata, apa – apa dilihat dari image kan … makanya ada istilah jaim (jaga image).

Sekali lagi jangan hanya terkesan professional akan tetapi produk / jasa anda tidak memberikan nilai tambah, jadi ingat selalu targetkan long term relationship bukan short term relationship.

Jadi kesan nyata ini lebih cenderung untuk membuat persepsi pertama calon konsumer anda positif dan percaya bahwa perusahaan anda memang mampu memenuhi kebutuhan mereka. Sehingga ujung -ujungnya memudahkan segala proses pelayanan, penjualan, negosiasi antara anda dengan calon konsumer anda.

0 Response to "STRATEGI PEMASARAN 4P"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel