-->

TRIK MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS (USAHA)

TRIK MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS (USAHA)

memenangkan persaingan bisnis
Memenangkan persaingan usaha
Menekuni  Bisnis banyak sekali dinamikanya. Kesalahan strategi dalam menghadapi munculnya pesaing yang sebenarnya bisa menjadi indikasi berkembangnya suatu Bisnis, bisa jadi ancaman menurunnya keuntungan yang berujung suatu bisnis menjadi gulung tikar.

Menjalankan bisnis, apapun jenisnya kita tak akan lepas dari yang namanya pesaing. Apalagi kalau bisnis yang kita jalankan termasuk sukses, bisa dipastikan akan menimbulkan banyak pesaing. Yah, para pesaing juga ingin mendapatkan sukses seperti yang berhasil kita raih.

Dalam menghadapi para pesaing, kita akan memerlukan strategi khusus, kenapa disebut khusus, karena terdapat bermacam-macam strategi bisa diterapkan, dan kita harus memilih strategi yang sesuai dengan jenis bisnis dan sasaran yang ingin dihasilkan, sebagai contoh strategi bersaing harga.

Strategi menerapkan perang harga mungkin saja dijalankan, namun salah satu efeknya adalah mengurangi profit. Pilihan strategi yang menyebabkan keuntungan bekurang, pastinya tidak akan baik efeknya bagi perusahaan. Kondisi yang kurang atau tidak menguntungkan akhirnya malah akan merusak bisnis itu sendiri.

Di sinilah diperlukan seorang pengusaha atau managerusaha yang mampu memilih strategi bisnis yang tepat, agar memenangkan persaingan. Maraknya pesaing bukan membuat bisnis menjadi lesu, tapisebaliknya, pesaing yang bermunculan merupakan indikasi yang baik. Ramainya pesaing menunjukkan bahwa suatu bisnis sedang berkembang.

Sekarang ini bisnis produk atau jasa, hampir semuanya sama. Artinya secara kualitas tidak terlihat perbedaan yang sangat mencolok antara produk dan jasa yang satu dengan yang  lain. Namun uniknya, terkadang produk dengan kualitas yang tidak beda jauh, dan harganya pun lebih mahal justru lebih laku debanding dengan produk yang berharga murah.

Hal ini mungkin terdengar agak aneh, tapi secara sederhana sebenarnya bisa dilihat, kebanyakan perbedaan yang meninjil, yang membedakan dengan penjual yang lain ada pada kemasan dan cara pelayanannya. Desain yang menarik dan pelayanan yang memberikan rasa nyaman kepada konsumen, apalagi ditambah dengan layanan purna jual yamg menjanjikan, membuat konsumen atau calon pembeli tertarik daan senang hati membeli.

Dari pengalaman seperti ini, mungkin bisa kita sebutkan bahwa inovasi dan kreativitas akan memberikan nilai tambah terhadap suatu produk. Nilai tambah inilah yang selanjutnya membuat orang lebih tertarik untuk membeli dibanding dengan produk yang dikemas biasa-biasa saja. Artinya, inovasi dan kreativitas memegang peran yang penting dalam usaha memenangkan persaingan.

Contohnya, seperti yang dilakukan salah satu produsen HP atau handphone. Dalam menjual unitnya, salah satu merek handphone yang cukup terkenal memberikan beberapa casing tambahan dalam berbagai warna. Pastinya bagi pembeli yang kebanyakkan remaja, hal ini merupakan sesuatu yang menarik sekali. Mereka bisa mengganti-ganti warna hape, dengan memasang casing yang beraneka warna, disesuaikan dengan keinginan dan keperluan.

Para produsen lain pun banyak yang melakukan kreativitas seperti ini. Sebut saja salah satu produsen jam tangan. Dalam menjual unitnya, produsen tidak hanya menyediakan satu jenis atausatu warna tali jam, tapi bermacam-macam warna, bahkan ada yanga berani menggratisi sampai lima macam warna. Belumlagi kemasan box sebagai wadah jamnya. Produsen juga mengemas sedemikian cantik, kotak tempat jamnya, sehingga membuat orang semakin tertarik.

Hal lainnya yang masih termasuk inovasi dan kreatifitas adalah nilai tambah. Berikan nilai tambah pada produk yang kita jual, dan kita akan mendapat perbedaan dibanding pesaing. Penjual air galon dijalan Boncel misalnya, mereka tidak menarik ongkos tambahan dalam mengantar pesanan air galon sampai kerumah pembeli, hasilnya banyak konsumen yang membeli air di kiosnya. Sementara penjual air galon lainnya yang lokasinya lebih dekat dengan konsumen pun malah tidak begitu ramai.

Sama halnya yang terjadi dengan jajanan steak yang belakangan masih cukup tren di kalangan anak muda. Hampir setiap sore warung steak Rabel disesaki anak muda, padahal dilihat dari harganya, tidak bisa dibilang murah. Usut punya usut kelebihan warung steak Rabel terletak di lokasinya, berada di area yang strategis dan mempunyai lahan parkir yang luas. Sementara tak jauh dari steak Rabel, ada kios steak lain yang tak kalah enak, tapisepi pengunjung gara-garanya sepele, mereka tak mempunyai area parkir.

Banyak sekali pengalaman para pengusaha dalam upaya mereka menyiasati atau bahkan memenangi persaingan yang bisa kita contoh atau kita tiru, kalu memang cocok dengan bisnis yang kita lakukan. Dari beberapa pengalaman tersebut siapa tau ada yang cocok dengan bisnis Anda.


Tips & Trik Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghadapi Persaingan

- Konsen pada keunggulan

Kalau sejauh ini produk kita masih jalan, artinya produk yang kita jual mempunyai keunggulan. Lebih baik pusatkan konsentrasi pada keunggulan tersebut dan berusaha meningkatkannya. Bisnis warung makan misalnya, warung kita ramai, banyak yang beli karena masakannya enak. Lebih baik kita fokus mempertahankan rasa masakan supaya tetap enak kalau perlu berusaha meningkatkan lagi atau memberikan pelayanan yang makin menyenangkan pelanggan.

- Pesaing yang tepat

Menghadapi persaingan, banyak hal yang dibutuhkan. Dari mulai tenaga waktu bahkan mungkin biaya atau uang. Menentukan pesaing yang tepat, membuat kita bisa menentukan strategi yang tepat. Pesaing bisa jadi mereka dengan skala bisnis lebih besar, lebih kecil bahkan dari jenis bisnis yang sama.

- Kelemahan pesaing

Ini mungkin hal paling sulit sekaligus paling gampang. Sulit karena kita harus mencari apa yang menjadi kelemahan pesaing kita, mudah jika sudah menemukan kelemahan tersebut, tinggal memberikan kepada konsumen apa yang tidak diberikan oleh pesaing kita kepada mereka.

- Belajar dari pengalaman

Pepatah bilang, pengalaman adalah guru yang terbaik, tapi pastinya kita bisa belajar dari pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain. Menghadapi persaingan tidak semuanya berhubungan dengan bereaksi, tapi ada juga yang berhubungan dengan sikap dan mental. Tidak semua persaingan harus dihadapi. Kita juga bisa keluar dari persaingan dan mencari produk baru, inovasi baru bahkan pasar baru.


Sikap & Mental Pengusaha atau Entrepreneur Sejati Yang Harus Dimiliki

- Percaya Diri

Seorang pengusaha perlu mempunyai rasa percaya diri yang cukup, tak peduli menjadi pengusaha karena terpaksa atau warisan.

- Semangat untuk Maju dan Berhasil

Pengusaha sejati bisa memotivasi dirinya sendiri maupun orang lain dengan memiliki optimisme yang tinggi serta penuh semangat maju dan berhasil.

- Berani Mengambil Resiko - Besar

Tanpa keberanian mengambil dan menghadapi resiko yang besar, mustahil seorang pengusaha bisa membuat keputusan penting dan menghasilkan kesuksesan.

- Tahan Banting

Pengusaha dengan mental yang cengeng dan melempem tidak akan tahan menghadapi situasi dan kondisi yang sulit yang mungkin dialami suatu perusahaan.(Dari berbagai sumber)

0 Response to "TRIK MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS (USAHA)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel