-->

Cara Menyusun Strategi Pemasaran Yang Efekti Dan Kreatif Untuk Mendongkrak Penjualan

Strategi Pemasaran Yang Efektif

Strategi Pemasaran Yang Efektif

Strategi pemasaran yang efektif dan kreatif harus dilakukan oleh setiap pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan. Agar memberikan pengaruh luar biasa, strategi pemasaran ini harus di operasionalkan melalui program-program yang di rencanakan. Sebaliknya, program-program itu jangan dilakukan sendiri-sendiri, melainkan dilaksanakan secara terintegrasi dengan tetap mempertahankan pernyataan positioning yang jelas sebagai pedoman dalam meningkatkan ekuitas merek.

Pada prinsipnya, kiat atau cara menyusun strategi pemasaran yang efektif  dan kreatif berpedoman pada tiga hal penting, yaitu :
  1. Save
  2. Free
  3. Win
Save artinya, pelanggan mendapatkan keuntungan dari penghematan yang diperoleh apabila membeli suatu produk. Misalnya, beli satu dapat dua, beli 200 ml dapat bonus 100 ml, beli tiga gratis satu dan lain sebagainya.

Free artinya, pelanggan mendapatkan gratis produk tertentu apabila membeli suatu produk, misalnya gratis menjadi member dalam suatu perkumpulan dan sebagainya.

Win artinya, merupakan kiat atau cara yang masih populer digunakan oleh banyak produsen untuk menarik pelanggan. Contohnya adalah undian Untung Beliung, Gebyar BCA, Durian Runtuh BNI dan sebagainya.

Beberapa Contoh Strategi Pemasaran Yang Efektif Yang Dapat Dilakukan Untuk Meningkatkan Penjualan


Kupon dan potongan harga menggunakan cek

Prosedur :
  • Pelanggan melakukan pembelian
  • Pelanggan menerima kupon refund
  • Pelanggan mengumpulkan kupon refund
  • Kupon refund dapat dipakai sebagai alat tukar potongan harga pada pembelian berikutnya
     Pihak pengecer atau retailer dapat menukarkan kupon refund ini kepada produsen sebagai pembayaran dengan potongan harga. Prose ini akan memerlukan alat pembayaran dengan potongan harga. Proses ini akan memerlukan waktu tiga bulan.

Cara lain yang belum biasa dilakukan adalah :

Produsen mengeluarkan cek dari salah satu bank terkenal, konsumen membubuhkan tanda tangan pada waktu melakukan pembelian, lalu menyerehkan pada si pengecer yang langsung memberikan diskon pada baranng barang yang di beli. Si pengecer dapat langsung menukarkan cek tersebut di bank seperti layaknya uang tunai

Ide dasar :
  • Meningkatkan penjualan dikaitkan dengan acara tertentu, misalnya pada waktu penjualan menurun
  • Bekerja sama dengan pihak bank untuk mempopulerkan salah satu produk bank
  • Diharapkan konsumen juga mencoba membeli produk lain, pada waktu melakukan pembelian
Teknik :
  • Informasi di berikan melalui surat yang dikirim langsung ke alamat konsumen, melalui kode pos/buku telepon dll
  • Informasi diberikan melalui surat kabar, internet, media social dll dengan memberikan batasan atau periode waktu tertentu, untuk mempercepat pembelian
Evaluasi :
  • Tingkat penjualan dapat di bandingkan sebelum dan sesudah mengeluarkan cek potongan harga
  • Penelitian kepada rumah tangga yang sudah menerima surat dibandingkan dengan rumah tangga yang belum menerima surat. Inti pertanyaanya adalah :
  • Apakah Anda ingin melakukan pembelian
  • Dalam surat ini juga dikomunikasikan berbagai pengenalan produk
  • Apakah ingin membeli kembali
Strategi pemasaran/promosi dikaitkan dengan musim liburan

Mempromosikan di internet atau bisa juga bekerja sama dengan media seperti majalah, dengan membeli hak terbit untuk 4 halaman berurutan pada bbeberapa nomor penerbitan sebelum liburan pada majalah yang sesuai dengan target market. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah :
  • Memasang iklan berwarna satu halaman dalam 10 majalah konsumen
  • Memasang kampanye media luar ruangan secara besar-besaran
  • Menyebarkan brosur setebal 12 halaman kepada 100 ribu pengecer
  • Menawarkan hadiah liburan kepada 10 ribu pemenang
No risk program, Jaminan uang kembali 100%

Kalau dalam waktu 1 bulan produk yang sudah dibeli tidak memuaskan, produk boleh dikembalikan dan pembeli akan mendapatkan uang kembali secara utuh.

Teknik komunikasi :
  • Memasang iklan di surat kabar
  • Memasang iklan di internet
  • Siaran di radio
  • Menyebarkan promosi kepada para distributor
  • Mengadakan jadwal pertemuan dengan para penyalur
Contoh :

"Biaya listrik gratis selama 30 hari, apabila membeli produk AC"

Untuk memacu semangat para penyalur, dibuat program keikutsertaan dengan mendapat bahan cetakkan berwarna informasi mengenai lokasi penyalur berikut nomor telepon penyalur di brosur bagian belakang atau depan. Ini dapat dilakukan dengan :
  • Memasang iklan di internet, surat kabar dan majalah, membuat sisipan daftar penyalur yang berpartisipasi dalam program ini 
  • Menyantumkan nomor telepon bebas hambatan 800 HOT-SALE ditonjolkan sehingga konsumen dapat memilih langsung penyalur terdekat yang berpartisipasi dalam program ini
  • Membuat booklet 20 cara menghemat energi listrik yang dikirimkan gratis melalui pos
  • Membuat pich teams yang akan menjamu 100 acara santap siang atau santap malam bagi para penyalur. Tim ini akan memberikan presentasi untuk menjual promosinya dan mengirimkan kepada seluruh penyalur.
Contoh :

"Program menguntungkan untuk para penyalur AC...(sebutkan mereknya)"

Tujuannya adalah untuk mengajak hadir para penyalur ke pertemuan para penyalur yang akan memperkenalkan program ini. Contoh tema komunikasi yang akan disampaikan adalah :

"Jika anda menjual AC...dan belum ikut serta dalam program kami yang baru, sebaiknya Anda menghubungi salah satu penyalur atau kantor-kantor yang terdaftar di bawah ini."

AC Merek...
Hot Line Service 123456789
PT. XXX
Jalan Durian Kav-70

Demikianlah kiat atau cara menyusun strategi pemasaran yang efektif dan kreatif untuk mendongkrak penjualan, yang bisa Anda terapkan bukan hanya pada conroh-contoh produk di atas, tapi bisa juga di terapkan pada hampir semua produk.

0 Response to "Cara Menyusun Strategi Pemasaran Yang Efekti Dan Kreatif Untuk Mendongkrak Penjualan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel