-->

Strategi Pemasaran Hotel Yang Simpel Dan Efektif

Bagaiman Strategi Pemasaran Hotel Yang Tepat Dan Efektif

strategi pemasaran hotel yang efektif

Menjalankan suatu usaha khususnya hotel, diperlukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif guna keberlangsungan bisnis tersebut. Pemasaran memegang peranan sangat penting untuk mendongkrak penjualan. Bisnis bisa terus berjalan dengan adanya penjualan secara terus menerus. Disinilah diperlukan strategi untuk memasarkan suatu produk, agar terjadi penjualan bahkan pelanggan. 

Bagi Anda yang menjalankan bisnis hotel, berikut strategi pemasaran hotel yang simpel namun sangat efektif :

➡Gunakan internet sebagai senjata ampuh untuk memasarkan produk.
Strategi pemasaran online sangat ampuh terlebih di zaman ini, dimana informasi bisa sangat mudah didapat oleh semua kalangan.Semua orang hampir di setiap penjuru dunia sudah terkoneksi dengan internet. Anda bisa menggunakan berbagai media yang ada di internet, seperti media social instagram, facebook, twitter, website dan sebagainya. 

Dengan strategi pemasaran hotel online ini anda dapat mengukur dan kemudian mengembangkan strategi selanjutnya untuk mengembangkan bisnis anda. Bisnis pun akan lebih cepat dikenal dibandingkan dengan melakukan promosi secara konvesional. Semakin banyak dan semakin sering Anda menampilkan produk promo Anda di internet, semakin banyak pula pengunjung internet yang melihat dan pada akhirnya menjadi pelanggan atau tamu di hotel Anda.

Mengadakan kontes atau sayembara 
Selain menjadi sponsor dalam acara tertentu, kontes dan sayembara juga sangat ampuh untuk memasarkan suatu produk (hotel). Strategi ini akan membuat hotel Anda lebih dikenal oleh orang banyak. Ini juga merupakan cara yang cukup efektif dalam mempromosikan hotel dan juga meningkatkan okupansi bisnis hotel Anda.

Membagikan sample produk  secara gratis
Kita sering menjumpai di pasar swalayan, di event atau di acara exhibition, kita diminta  atau diberikan sampel tertentu, seperti makanan ringan ataupun merchandise. Kegiatan membagi – bagi sampel ini juga merupakan cara yang efektif dalam pemasaran produk. Membagikan sampel gratis dengan dalam penawaran dengan dibarengi promo yang sedang berjalan, menjadi daya tarik tersendiri untuk calon tamu atau pelanggan hotel Anda. Jika memang pembeli menyukainya, pasti mereka akan langsung tertarik untuk datang dan menginap di hotel Anda.

Mendata Pelanggan
Dalam berbagai kesempatan, luangkanlah waktu untuk mendata calon konsumen mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bisnis hotel yang Anda kelola. Dan jangan lupa gunakanlah gaya komunikasi dan bahsa yang ramah, sopan dan juga mudah dimengerti. Dengan gaya komunikasi yang ramah dan sopan, serta bahasa yang mudah dimengerti Anda dapat membawa calon pelanggan, menuju ke bisnis hotel Anda. Akibatnya, calon pelanggan yang membutuhkan pelayanan hotel Anda merasa tertarik dan menjadi ingin tahu terhadap apa saja yang dapat diberikan oleh hotel Anda. Inilah yang dinamakan dengan trik pemasaran “menjemput bola.”

Tempatkan hotel Anda di tempat yang tepat untuk pemasaran hotel
Dalam bisnis pemasaran dan penjualan hotel berikutnya adalah dengan cara menempatkan produk hotel Anda di tempat yang tepat sesuai dengan pasarnya. Misalnya, jika hotel Anda mengusung tema seni maka, Anda melakukan strategi di tempat – tempat yang mengandung unsur seni, seperti galeri pameran seni, museum seni, dll.

Merchandise sebagai salah satu strategi pemasaran
Selain pemasaran produk dalam beberapa cara di atas, menggunakan barang – barang promosi juga bisa Anda jalankan. Namun ini membutuhkan dana anggaran yang lebih banyak untuk membuat beberapa jenis barang dagangan untuk usaha Anda, Anda dapat mencetak t-shirt, topi, gantungan kunci, pena dan pembata buku misalnya. Serta dibarengi oleh promo misalnya menginap di hotel sehari semalam akan mendapat bonus gantungan kunci, menghinap 2 hari 2 malam akan mendapatkan bonus t-shirt dan sebagainya. Hal ini membuat konsumen senang dan datang lagi dan lagi untuk menginap di hotel Anda.

Lakukan survey pembeli setelah penjualan
Setelah pelanggan memesan kamar dan menginap di hotel Anda, tidak sepenuhnya t Meminta putus hubungan Anda dengan pelanggan. Anda dapat meminta informasi berupa alamat dan nomor telepon pelanggan hotel Anda yang bisa di hubungi. Sehingga mengambil keuntungan sebagai data pelanggan kami. Setelah beberapa waktu setelah penjualan, surveylah konsumen, tanyakan tentang testimoni pelayanan hotel yang sudah dirasakan, sambil menawarkan promo hootel Anda yang sedang dijalankan.

0 Response to "Strategi Pemasaran Hotel Yang Simpel Dan Efektif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel